LifE, log

Spring of Hope

selamat malam. agak aneh kalau difikir, bahwa saya justru cenderung aktif menulis ketika malam hari. alasannya sangat simpel: malam itu sunyi, dan sunyi adalah satu-satunya bahan bakar yang dibutuhkan untuk berfikir, dan menuliskannya. oke, jadi darimana hendaknya kita memulai?

tanggal 7 maret kemarin saya resmi lulus dari perguruan tinggi. khatam pendidikan. wisuda. dalam bahasa sanskerta, wisuda ditulis vissudha yang artinya tercerahkan. apakah saya tercerahkan? ya dan tidak. kenyataan bahwa saya lulus telat dari batas waktu yang saya tetapkan sendiri menjadi sebuah tamparan moral dan integritas yang saya bangun sendiri. namun hikmah dari itu semua nampak jelas diakhir cerita, bahwa mengakhiri selalu lebih baik daripada digantung begitu saja. saya bersyukur telah menyelesaikan masa studi saya, ditambah kenangan bergelut dengan skripsi yang sebenarnya biasa saja, namun berubah menjadi luar biasa karena lompatan-lompatan semangat dan tawaran-tawaran untuk menjadikan lebih baik lagi. terima kasih, terima kasih.

tanggal 8 maret menjadi lebih spesial lagi karena saya memutuskan untuk menikah dengannya, dengannya, wanita yang selalu menyatakan dengan perbuatannya bahwa “aku akan selalu disampingmu, dalam keadaan apapun”.  dia dengan cara yang aneh menjadi bemper dan bahan bakar sekaligus untuk menggerakkan segala sumber daya. loncatan semangat dan harapan yang diperbarui lagi dan lagi. tidak ada fantasi dan melankoli dalam kehidupan kami. hanya penyeimbangan dan pengaturan lagi dan lagi, untuk memastikan bahwa kami akan (dan ingin) mendaki setiap puncak puncak yang mungkin didaki. dan semua itu mungkin karena dia. ya, karena dia. terima kasih untuk segala pengertiannya, bos!

lalu apa sekarang? saya telah menyelesaikan studi. sudah melengkapi separuh agama dengan menjalankan Sunnah Rasulullah. lalu apa? saya tidak khawatir dengan berbagai milestone konvensional. kuliah, lulus, kerja, menikah, punya anak, beli rumah, beli mobil, bla bla bla. percayalah bahwa sebenarnya hal itu bisa diubah sekehendak hati kita. namun ada hal lain yang lebih penting kiranya untuk difikirkan. hidup seperti apa kiranya yang ingin saya habiskan? karya seperti apa yang saya persiapkan untuk dunia? seperti apa saya ingin dikenang nantinya?

saya ingin menjadi berguna dimasyarakat, memiliki pencapaian dalam bidang yang saya geluti. menjadi role model bagi orang orang sekitar, dan menjadi kebanggan keluarga. hal hal tersebut setelah saya fikir-fikir lagi sangatlah konseptual. saya butuh model keinginan yang konseptis, namum juga praksis. karena sudah sangat sering saya bermimpi tentang visi atau apapun itu, dan melihatnya kandas tak berbekas hanya karena tidak dimotori oleh metode praksis yang bisa dijadikan acuan dalam bertindak.

jadi daripada saya bersusah-susah lagi membentuk ide-ide spektakuler namun mustahil. saya akan memancangkan kembali ide-ide lama yang sudah tertulis, menyebar diberbagai sudut ruang dan waktu, sebagai pengingat bahwa masih banyak pekerjaan rumah saya didunia. saya ingin pergi menjelajah dunia. menjelajah Mars apalagi. saya ingin memiliki bisnis yang sustainable untuk 50 tahun kedepan. bergerilya dengan semangat progresif memasuki bidang-bidang bisnis yang mungkin dimasuki. mengembangkan bisnis yang sudah berjalan satu tahun ini, dan membesarkannya. memulai menulis lagi, dan menciptakan sebuah karya yang bisa dinikmati oleh mereka yang ingin beristirahat sejenak dari dunia. tetap ingin memiliki santuari kontemplasi pribadi dengan view yang kosmis. mewujudkan impian tiap minggu agar bisa berbagi dan memberi.

momen ini adalah trigger harapan yang meletus kala waktunya. loncatan-loncatan semangat yang berpendar cerah sekali di cakrawala. membawa ribuan harapan saya kedalam batas-batas yang baru saya ketahui. batas antara nyata dan tidak nyata. batas antara ada dan nihil. saya menginginkannya! saya menginginkannya!

2 pemikiran pada “Spring of Hope

Tinggalkan Balasan

