LifE

The 23rd’s 23

Apa arti angka-angka? linear. Penting setelah diberi makna, selalu. Saya hanya ingin bilang bahwa ini adalah kali ke 23 saya merayakan 23rd, dimana praktis saya dalam hitungan revolusi bumi berusia kira-kira 23 kali putaran. Saya berusia 8401 hari (kemarin, sekarang 8402 hari). Terlihat spesial? Ya dan Tidak.

Dua minggu yang lalu atas perintah dosen pengampu I, saya kerumah beliau karena membandel setahun belakangan tidak pernah setor muka untuk bimbingan. Lantas datang lagi dengan tampang menang perang dengan draf skripsi bab 1-5. skip, kami akhirnya bercerita ngalor-ngidul tentang mutiara (tema skripsi saya), gemstone, struktural, dan sebagainya. Kemudian beliau mengatakan sesuatu yang saya ingat sampai sekarang. “Menulis bukanlah sebuah hasil. Menulis adalah sebuah proses. Ingat itu.” Kenyataan bahwa saya tidak terbiasa dengan ritme akademis yang medan berjuangnya adalah pena dan kertas, membuat saya terkesima. Tentu saja! Tulisan untuk tulisan! Omongan untuk omongan! Seringkali saya terpaku pada sebuah tulisan, dan merasa stress karena watak perfeksionis saya mengharuskan tulisan yang baik lagi sempurna. Sempurna! saya jadi sadar kata-kata itu yang membuat setiap usaha penulisan saya selalu kandas ditengah jalan, karena saya rasa tulisan itu tidak sempurna. jadi untuk apa dilanjutkan? setiap usaha yang dilakukan setengah-setengah lebih baik tidak dilakukan sama sekali.

saya terlalu terpaku pada tulisan sebagai hasil, bukan sebagai proses. Dosen pengampu I yang paling saya segani (karena saya paling dekat dengan beliau) mengingatkan saya bahwa tulisan itu adalah proses. Proses menjadi sempurna. Proses bermakna pengulangan secara teknis. Membutuhkan waktu dan jam terbang mumpuni. Segera itu pula saya merasa kasihan dengan berbagai draf yang pernah saya tulis dan segera saya tinggalkan karena merasa tidak cocok dengannya. Tapi, bukankah itu juga merupakan sebuah proses? Ya dan Tidak.

Jadi akan saya ingat selalu kata-kata itu. Menulis adalah proses!

 

Apa hubungannyya dengan 23? well, tidak ada sebenarnya, hanya ingin membahas sesuatu di september kering ini.

2 pemikiran pada “The 23rd’s 23

Tinggalkan Balasan

