LifE

apa makna dari perjalanan

selalu sulit untuk membuat apa yang bergejolak diotak kita menjadi hal yang nyata, tangible event yang membuat semuanya dikenang, dan berarti. selalu sulit untuk membuat rencana-rencana, bahkan rencana sederhana sekalipun, jika hasil akhir yang kita inginkan adalah sesuatu yang nyata. selalu sulit membuat semua pikiran menjadi satu, satu kata, menjadi satu tujuan untuk ada, mengambil batas tipis antara diam dan bergerak.

dan selalu susah mengingat akhirnya untuk sekedar mencari makna.

atau semua kilasan makna ditanah-tanah tak bernama terlalu kaya akan makna, selalu kaya akan pemahaman baru, semakin dalam jika dijelajahi, dan tanpa dasar jika diselami. aku selalu berfikir bahwa perjalananku selalu berharga; bahkan terlalu berharga untuk dituliskan.

itu karena ada yang timpang dengan semuanya. entah aku terlalu bodoh menyalinnya atau memang semua perjalanan yang lalu adalah candu hidup paling kuat sejak aku memutuskan untuk keluar melihat dunia. dan sampai saat ini aku belum melihat semuanya, aku hanya melihat kecil, sangat kecil. terlalu kecil.

jadi apa makna dari perjalanan? apa hikmah dari setiap perjalanan, kecil dan besar, remeh dan agung?
aku selalu mencoba mengosongkan gelas tiap kali memulai berjalan di tanah tak bernama. mencoba selalu dibawah, siap menangkap semua sinyal atas segala fenomena selama perjalanan yang mungkin tak kumengerti sebabnya, atau terlalu bodoh untuk kumengerti.

maknanya adalah, selalu kosongkan ‘gelas’ tiap perjalanan. beranilah.

melakukan perjalanan adalah salah satu cara menjadi hidup, cara kita mengenal dunia, mengenal diri, dan dalam beberapa hal, mengenal Tuhan Yang Maha Agung.

kalau kalian tidak melakukan perjalanan, what a miserable life you got!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s