InterneT, LifE, log

koleksi uang nazi

Halo! kali ini saya mau bercerita tentang kegemaran baru saya: mengoleksi uang kuno! agak aneh memang ya, mengapa saya bisa “nyasar” di ranah numismatik. kedekatan saya dengan disiplin ilmu sejarah mungkin membuat saya nyaman berada dalam benda-benda tinggalan manusia yang lalu.

semua bermula ketika saya iseng nyari koin-koin kuno di internet, sampai akhirnya saya menemukan sebuah situs yang menjual beraneka jenis barang kuno/jadul mulai dari perangko, uang, poster, mainan, batu-batu alam, sampai keris. saat itu saya tertarik dengan uang majapahit (menurut pengakuan yang punya situs). saya pesan saja. krisynala 1 massa, saya dapat itu. setelah googling perihal itu, (kata orangnya dinyatakan asli oleh *menyebut nama*, wakil ketua asosiasi numismatik indonesia) ternyata koin yang digunakan oleh kerajaan Mataram Kuna dengan Majapahit hampir serupa. lalu apa yang membedakannya? jika ornamen dijadikan acuan, maka akan sedikit rancu, karena rata-rata ornamennya sama (persegi atau bunga). tidak akan kita ketahui kecuali melakukan uji karbon, dan ini tentu terlihat bodoh karena barang yang dimaksud kecil (kebesar kancing). saya belum menemukan tulisan yang pas tentang uang era kerajaan ini. alhasil, saya meninggalkannya begitu saya (disimpan baik-baik)

krisynala one massa
krisynala one massa

setelah itu saya cari-cari lagi, kemudian saya tertarik ketika melihat ada uang VOC 1790 dan nederland indische 1826. kali ini saya benar-benar tertarik. bukan apa-apa, karena memang saya sering membahas periode ini dikelas. melihat tinggalan fisik dari kartel londo ini ada ditangan saya sendiri adalah sebuah keasyikan tersendiri. dan saya menyimpannya lagi… (sebagai informasi, koin nederland indische dicetak dengan logam tembaga, sedangkan koin VOC dicetak dengan logam perunggu)

koin nederland indische 1824-28 1/4 stuiver
koin nederland indische 1824-28 1/4 stuiver
koin VOC 1790
koin VOC 1790

setelah puas melihat-lihat koin sisa dari kartel eropa yang menancapkan taringnya “lumayan lama” (kalau dibandingkan dengan umur republik ini), saya mencari-cari lagi apa yang menarik, dan, viola! ada satu item yang menarik perhatian saya! uang kertas era nazi tahun 1939 (20 mark) dan 1942 (5 mark) keluaran reichbanknote (bank pencetak uang di masa nazi). sebagai orang yang lumayan tahu dan suka terhadap hal-hal yang berbau WW II baik sekutu maupun axis, terutama nazi dan tetek bengeknya, saya sangat tertarik! tentu saja! di uang itu ada logo elang dengan simbol swastika, lambang partai nazi sebagai simbol supremasi ras arya atas kelas lainnya! hal menarik lainnya, uang 5 mark yang saya dapatkan ini berbau aneh (mungkin bau tembakau/atau mungkin opium? -digunakan untuk memperingan rasa sakit-). namun yang paling keren menurut saya adalah uang 20 mark yang masih putih tanpa cacat, hampir uncirculated. baunya masih seperti baru keluar dari pantat percetakan. setelah saya googling, tercenganglah saya ketik atahu bahwa item ini termasuk yang rare! harganya bisa mencapai $150.00 luar biasa. lihat disini kalau tidak percaya.

20 mark reichbanknote 1939
20 mark reichbanknote 1939
5 mark reichbanknote 1942
5 mark reichbanknote 1942

next : hunting koin emas nazi 1-2-5-10 mark yang ada gambar kanselir jerman Paul von Hindenburg. by the way, saya baru pesen di ebay 1,2,5,10 pfennig (bukan mark, walau sama-sama keluaran third reich, tapi pfennig nilainya lebih kecil daripada mark). kalau ditempat lain koin pfennig “hanya dicetak pada logam tembaga atau kuningan, maka ini jauh lebih istimewa. koin pfennig ini memang dicetak di logam tembaga dan kuningan, namun dilapisi emas 24 k bahkan double plated. oh iya, ada beberapa hal terkait dengna koin emas/silver/tembaga/kuningan di era nazi. pada bagian bawah, ada inisial huruf yang menandakan tempat dimana koin itu dicetak. ini listnya:

A for Berlin,

D for Munich,

E for Muldenhutten,

F for Stuttgart,

G for Karlsruhe an,

J for Hamburg

pfennig coins bagian belakang
pfennig coins bagian belakang
pfennig coins bagian depan
pfennig coins bagian depan

harapan saya, mudah-mudahan koleksi uang nazi ini bisa bermanfaat, minimal mengusik rasa ingin tahu saya tentang third reich. saya bertanya-tanya pasti ada alasan dibalik pelapisan emas di koin pfennig ini (padahal yang lain ada yang tidak). apakah ini semacam limited edition? atau ini selebrasi atas sesuatu pada masanya? (belum yakin karena periode 1936 keatas belum saya kaji, hehe)

maksimalnya, mungkin saja koin ini di masa depan bisa bernilai ekonomis🙂

5 pemikiran pada “koleksi uang nazi

Tinggalkan Balasan

