gadget

Blackberry Playbook : gimana nih?

Blackberry Playbook

RIM memang sialan! disaat saya masih memegang “keimanan” akan tablet pada Apple iPad (yeah), RIM malah “gedar gedor” waktu CES (Consumer Electronics Show) 2011 dengan tablet barunya yang dikasi nama “Playbook”. “Uncompromised web experiences”, “true multitasking”. propagandanya itu benar-benar ditujukan buat iPad! menyindir iPad yang tanpa flash support, dan multitasking yang terkesan setengah-setengah (maaf, tapi kalau saya lihat, multitasking nya iPad memang benar kayak HP cina). apalagi iklan videonya itu.. wah, menyindir banget! cekidot :

tapi ada beberapa hal yang masih rancu, berhubung playbook belum resmi dipasarkan, dan spesifikasi yang cenderung dibesar-besarkan… ini spesifikasi resminya

Ultra portable, super convenient
Height 5.1″ / 130mm
Width 7.6″ / 194mm
Depth 0.4″ / 10mm
Weight 0.9 lbs / 25g
7″ LCD display, 1024 x 600 screen resolution
Multi-touch capacitive screen

Professional grade performance
Full computing power in a tablet format
1 GHz dual-core processor
1 GB RAM
Symmetric multi-processing

Web without limits
Games, media, apps and everything the real Internet offers
Full Adobe® Flash® 10.1 enabled
Built-in support for HTML 5
No-compromise rendering of text, graphics and video

High-speed connections
3G network access using your BlackBerry® smartphone as a modem
4G network access available on BlackBerry® 4G PlayBook™ tablet
Wi-Fi® 802.11 a/b/g/n
Bluetooth® 2.1+EDR

Amplified BlackBerry experience
Wirelessly connect to your BlackBerry® smartphone* for real time access to:
Email, calendar, address book, task list and BBM™

Best-in-class media
3 MP high-definition forward-facing camera
5 MP high-definition rear-facing camera
Codec support for superior media playback, creation and
video calling
1080p HD video; H.264, MPEG4, WMV HDMI video output
Micro USB and Micro HDMI ports

Video-conferencing
Crystal clear HD display
Rich stereo sound
Dual HD video cameras

Built for business
Out-of-the-box compatibility with BlackBerry® Enterprise Server
Seamless pairing for a secure window into your
BlackBerry® smartphone
Corporate data access
Secure and manageable

BlackBerry Tablet OS
Powerful, user-friendly QNX technology: It’s what the
World Wide Web runs on
Multi-processing for true multitasking

Rich application ecosystem
Rapid development environment
Reliable BlackBerry Tablet OS, powered by QNX technology
Supports POSIX OS, SMP, Open GL, BlackBerry® 6, WebKit, Adobe Flash, Java® and Adobe Mobile AIR

sumber : http://us.blackberry.com/playbook-tablet/BlackBerry_PlayBook_v5.pdf

::yang masih saya pertanyakan::

kiblat tablet masih ditangan Apple, jadi saya masih mempertentangkannya dengan tablet kesohor sialan itu.

batre : RIM belum mengkonfirmasi ketahanan batre dari playbook. ini jelas mengganggu saya. saya nggak mau (kalo ntar punya :p) pas lagi enak-enak main game hardcore, tiba-tiba ngjeplak, mati. tamat kalimat sudah. iPad dihasut dengan ketahanan 10 jam dengan pemakaian full (yang ini nih, gw demen!)

interface sentuh : seperti apa interface sentuh di playbook? apakah sehalus mulus iPad? belum tahu. saya angkat topi dengan iPad dan iOSnya, karena seperti idevice nya yang lain, bermain tanpa hambatan… tapi prosesor ARM 9 playbook menjanjikan hal yang sama, atau lebih baik lagi. saya kecewa dengan Dell Streak yang setelah di ujicoba, ternyata sensitivitas sentuhnya nggak kayak iPad. seret-seret gitu katanya.

aplikasi (dan ini yang paling krusial) : iPad (lagi-lagi) hadir dengan membawa seabreg aplikasi yang sialan bagusnya. walaupun playbook menghasut dengan “rich application ecosystem”, tapi saya tahu, paling tidak belum banyak aplikasi yang dibuat untuk playbook. ini jelas-jelas mengganggu. saya nggak mau dong (kalo ntar punya :p) stuck di aplikasi native bawaan playbook, karena kemiskinan aplikasi. atau banyak aplikasi tapi buat keperluan kantor thok! hey, saya mau main need for speed! eternal legacy! brother in arms! N.O.V.A! (kog game buat iOS semua? hihihi)

tiga poin itu dulu. kalau ketiga hal itu sudah dikonfirmasi RIM,  mungkin saja “keimanan” saya akan Apple iPad bakal runtuh. tapi tergantung dikonfirmasi lebih bagus (minimal setara), atau lebih jelek. kalau ternyata batre hanya kuat 7 jam, saya pikir-pikir lagi daaah.

Satu pemikiran pada “Blackberry Playbook : gimana nih?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s