apple, LifE

review pribadi : pake ipod touch 4th gen

alkisah, udah hampir sebulan saya make ipod. baru sekarang nih bisa kasi review… bagi yang udah master-master jangan diketawain yah🙂

info : ipod touch saya generasi ke 4, running on iOS 4.1, 8gb, dan jailbroken.

oke, saya mulai.

jailbreak. saya letakkan jailbreak di tempat terdepan. kenapa, karena ipod tanpa jailbreak seperti makan sayur tanpa garam, hambar! tentu saja kalau kalian punya banyak kocek untuk apply kartu kredit. tapi bagi saya yang pas-pasan, jailbreak menjadi pilihan utama🙂. tool jailbreak : limera1n. ternyata jailbreak itu gampang yah! yang agak nguras tenaga cuma nunggu waktu cydia nya keinstall. tips : pastikan wifi anda stabil ketika menginstall cydia. ini penting! karena wifi yang tidak stabil akan membuat proses instalasi menjadi terhambat (suka dc). ada baiknya anda mematikan dulu laptop agar sinyal nya nggak tumpang tindih dengan ipod (berguna lho).

iOS 4.1 dan aplikasinya. yay! iOS 4.1 membawa banyak perubahan! folder, multitasking, wallpaper, dll. apple sendiri mengklaim ada 100 perubahan yang disertakan pada iOS ini. beruntungnya, ipod touch 4gen ini versi yang fully compatible, baik dari segi software dan hardware dengan iOS 4… ya iya lah, emang didesain begitu… soal aplikasi, jangan ditanya deh! sampe begadang semaleman milih-milih apps dari iphonecake. thanks banget deh buat suhu2 di iphonecake yang udah mau sharing link-link nya ^^

kamera. ada kamera depan (untuk facetime) dan kamera belakang. kesimpulan saya : setelah memakai kurang lebih satu bulan, kamera belakang lebih baik digunakan untuk video recording (karena mendukung 720p), untuk kamera? nggak terlalu memuaskan. kecuali pada waktu siang hari dengan kondisi cahaya yang maksimal. sore atau malam sangat tidak direkomendasikan, walau anda bisa menggunakan app tambahan untuk memperbaiki hasil foto.  btw, saya belum pernah nyoba pake facetime nih. ada yang mau🙂 ini alamat apple id saya frxs.karimov@gmail.com boleh dicoba kok (tapi kalo lagi kebetulan saya ada koneksi ya :)). aplikasi yang bagus buat menambah kualitas kamera : camera pro, lomo, quad camera, dll cari aja di appcake. saya suka pake quad camera (kayak supersampler), sama camera pro (foto fx nya keren, kayak retouching di sotosop).

game! yay! saya penggemar berat game-game berat! tapi, berhubung koneksi gk pernah bagus, jadi cuma main game need for speed hot pursuit, assassin’s creed, skies of glory, skate it… tapi juga, berhubung saya lagi sayang2nya sama si doPi, jatah main game 3d cuma 2 jam sehari, demi umur batre semoga tetep awet!

batre. masih kuat kok. standby 300 jam, musik 40 jam, video 7 jam, game 2d 7 jam, game 3d 2 jam, wifi 7 jam (pada fast charge 100%, di app battery pro). tips : untuk merawat batre dan memperpanjang umurnya, anda bisa men charge nya pada level batere apa saja (untuk harian), dan untuk perawatan, charge batere ketika sudah 20% atau kurang, dan fast dan trickle charge (googling kalo gk taw)

musik. no komen. perfect dah. tapi satu yang nggak saya suka. earphone putih legendarisnya yang memberitahu dunia bahwa kita lagi dengerin lagu dari iPod itu rawan rusak dan kotor! sungguh! coba tanya aja temen-temen yang udah pake. rata-rata masalahnya pada jack, karetnya robek! payaaaah! ah, butuh earphone baru. but, i still love it ^^

itunes dan apps store. ups, saya nggak bisa buat akun itunes dan apps store karena nggak punya kartu kredit. nyari-nyari tutorial udah basi semua. saya nggak pernah pake ini.

game center. sama. masih ndak ada temen buat main game bareng. ada yang mau. add saya di frxs.karimov@gmail.com

productivity and others. banyak aplikasi keren yang buat aktivitas saya semakin bermanfaat (jeng jeng jeng). nike+ipod (walaupun belum ada sensornya, hehe), awesome note (blogging pake ini aja), fast finga (cocok buat nyatet diktat kuliah :hammer), banyak lagi yang lainnya…

btw, bener kata orang-orang Angry Birds memang adiksi!^^

29 pemikiran pada “review pribadi : pake ipod touch 4th gen

  1. Hi, salam kenal🙂 mohon bantuannya, sblmnya makasih dulu😀. baru 2 minggu pake itouch 4gen, berpikir mau jailbreak. kira2 resiko ga ya? aku bener2 engga ngerti masalah kaya gini TT, mohon dibantu🙂

    1. @ yulia….lam kenal juga… jailbreak nggak ada resiko apapun kok. kalau mau klaim garansi, tinggal di restore dari itunes. ntar ipodnya balik lagi kayak setelan pabrik..jadi jangan takut🙂

  2. bro..kok kalo iTouch 4 gw mainin yg berat2 kyk real racing 2 pasti di challange selanjutnya ngga bisa jalan, tiba2 keluar ke home screen knp ya bro?

    1. ada beberapa sebab. pertama, RAMnya nggak cukup. coba tutup dulu aplikasi2 yang dibelakang layar (udah tau caranya kan? klik 2 kali tombol home, tekan lama ikon app yang mau ditutup)
      kedua, mungkin gamenya yang nggak kompatibel….
      salam kenal

    1. @will : insya allah nggak kok gan kalo ente nge cass nya pake kabel data nya di kompi, ato pake charger khusus ipod… karena charger khususnya bisa mati sendiri begitu batrenya penuh, jadi nggak masalah… its apple anyway🙂

  3. Ya mudah2an ga kenapa2.., sehari habis kejadian itu lumayan ngedrop huhu T3T ,nh ane cb full recycle dulu, ane biasanya pake battrey doctor, ada app battrey yg lbh bagus ga gan ? Biasanya ane download di http://apptrckr.org

  4. Misi om..aq tertarik juga ama ipod nih..tpi msi bngung jg mau nano 6th gen atw itouch sekalian…
    Btw itouch support game kan ya..?itu gamenya ngabisin memori gk sih…?
    takutnya tar malah nanggung juga beli yg 8GB..hehe

    1. ya ngabisin lah…. tapi pikirin deh… masak gamenya mau selamanya yang itu-itu aja? pasti diganti-ganti kan? jadi 8gb gpp sih, kan game gk selamanya kita mainkan, pasti ntar dihapus. tapi kalo kamu suka denger lagu atau nonton video, 8gb serasa kurang (pengalaman pribadi)….

  5. bro numpang nanya, klo masukin lagu yg bkn kompress sma yg kompress (ori) ada bedanya gk? soalnya yg gk kompress pernah nyoba muter i laptop tapi kwalitas suaranya dah perfect. ada saran?

    1. wah, klo masalah kualitas suara ane kurang paham nih…tapi biasanya itunes udah bisa handle yang kayak gituan kok….dicoba aja, atau aktifkan mode equalizer ya hehe…salam

    1. kalo di update iosnya, otomatis jailbreakannya ilang, mesti jb ulang… biasanya beda versi aplikasi jb…coba googling aja bro, banyak kok di inet…kebetulan ane uda ga maen ipod lagi…😀

  6. bos,mau tanya nih..trickle charge di ipod touch 4 itu kan 2 jam sesudah full charged..nah,untuk trickle charge itu bisa dilakukan setiap hari atau cm ssudah full cycle charge aja yah?
    kan d battery doctor disarankan sbulan skali full cycle charge ny..tkt nya klo tiap hri trickle charge malah overcharge..
    thx atas jwbn ny bro..

      1. Oh gt yah..tq bos..
        Tnya lg dong..d applikasi battery doctor kan ada 3 tahap..
        1) Fast charge smpe 100 persen
        2) 100 persen sampe full charged
        3) Trickle charged (ini dihiraukan saja)

        Nah,wktu saya charge itu dlm 2 jam sudah 100 persen,lgsg msk tahap ke 2..kira” 40 menit an lg..pertanyaan saya,apa dr 100 persen k full charged itu emg perlu? Gk mengakibatkan overcharged bro?
        Tq atas jawaban nya..

  7. untuk pemakaian harian ga perlu mas. itu cuma digunakan waktu full cycle, perlu diingat kalau batre ipod pake lithium, yg masa cyclcenya lebih panjang dari yg lain. jadi kalau untuk harian cukup fast charge aja…ntar sebulan seklai baru batre kita abisin (dibawah 20%), trus sampai tahap 3 chargenya…trims

  8. bro , ane bingung nih . baru beli itouch 4gen ios 5.1.1 3 hari lalu . masa pas dicolok ke laptop ga bisa ke detect bro😦 jadi ga bisa synchronize ke itunesnya . kalo dicolok ga bereaksi apa” . udah install-uninstall berulang” ga ada perubahan juga . apple mobile devicenya bermasalah gitu bro tulisannya ” windows cannot initialize the device driver to this hardware” . mohon bantuannya bro udah ga tau lagi mesti ngapain :(((

    1. gunakan aplikasi itunes. setelah ipod dicolok, buka itunes. nanti ipodnya kedetect. disana ada opsi file transfer untuk app yang mendukung file transfer. makasi

Tinggalkan Balasan

