Tes kepribadian dan kecerdasan anda disini!

Sebenarnya ada banyak sekali layanan seperti ini di internet. Tapi, di http://www.mypersonality.info kamu bisa melakukannya dengan cara yang asyik. Fundamentalnya cenderung sama dengan tes-tes psikologi yang lain seperti tes kepribadian dengan menjawab pertanyaan pilihan ganda, soal cerita, gambar, bentuk, dan lain-lain. Tapi khusus disini hanya menggunakan sebuah tes, yaitu dengan multiple choice. Yang asyiknya, setelah kita selesai tes kita dapat melihat hasil tes kita dalam bentuk bar/diagram. Bar ini bisa kita modifikasi seperti memberi warna, font, picture, ukuran wide atau rectangle. Kemudian bisa kita embed di web, account social networking, atau blog kita (seperti yang anda lihat diblog ini), asyik kan?

Oke, pertama-tama silahkan masuk ke http://www.mypersonality.info kemudian buat account baru. Setelah daftar dan login, di menu atas ada pilihan “personality test” dan “multiple intelligence test”. Pilih saja “personality test” dan klik gambar bertuliskan “start personality test now!”. Kemudian kamu harus menjawab sekitar 70an soal (buaanyak) dalam bahasa inggris. Dari pilihan kamu nanti dikalkulasi mana jawaban mayoritas dan komputer akan mengategorikannya sesuai dengan sub-sub kepribadian dan menggolongkan kamu kedalamnya (ada dreamer, visioner, leader, logical, dsb). Seperti saya yang ternyata komputer memasukkannya kedalam kategori “the dreamer” –memang ada benernya sih-. Pertanyaan-pertanyaannya cukup mudah dimengerti, jadi jangan takut kalau kamu tidak terlalu bisa bahasa inggris (so do i). Tinggal baca dan “make decision”.

tes2

ternyata saya adalah seorang pemipi...

Kalo udah maka sekarang kita akan mengambil tes kecerdasan. Jangan takut, hasil tes kepribadian anda tidak akan hilang karena telah disimpan. Ini untuk keperluan mendatang (jika hasil tes mau di embed di web/blog). Nah, sekarang klik di menu atas “multiple intelligence test” dan klik gambar bertuliskan “start multiple intelligence test now!”. Sama seperti tes sebelumnya. Tinggal baca dan jawab. Disini hanya ada dua pilihan jawaban (paling banyak 3). Jika sudah maka komputer kembali mengategorikan anda sesuai dengan jawaban dominan anda ke dalam macam-macam kecerdasan seperti logika/matematika, bahasa, visual spatial, kinestetik, interpersonal, intrapersonal, musikal, dsb.

logikal dan intrapersonal... paling atas

logikal dan intrapersonal... paling atas

Nah, jika sudah silahkan masuk menu “my account” untuk memodifikasi hasil tes kita agar terlihat lebih menarik. Kemudian tinggal di generate deh kode htmlnya dan hasil tes siap di letakkan di web/blog anda! Selamat mencoba..

Jika kamu belum mengerti mengenai macam-macam kecerdaan seperti logika/matematika, bahasa, visual spatial, kinestetik, interpersonal, intrapersonal, musikal, dsb maka silahkan baca tulisan berikut ini.

Mengenal macam-macam kecerdasan

Howard gardner dalam “multiple intelligence” menegaskan bahwa skala kecerdasan yang selama ini dipakai ternyata memiliki banyak keterbatasan sehingga kurang dapat meramalkan kinerja sukses untuk masa depan seseorang. Gambaran mengenai spektrum kecerdasan yang luas telah membuka mata para ahli, bahwa adanya wilayah-wilayah yang secara spontan akan diminati oleh anak, atau seseorang dengan semangat tinggi.
Kecerdasan itu adalah :

1. kecerdasan matematik
Memuat kemapuan seseorang dalam berpkir secara induktif dan deduktif, kemampuan berpikir menurut aturan logika, memahami dan menganalisis pola angka-angka serta memecahkan masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir. Umumnya seseorang dengan kecerdasan ini gemar menganalisis dan mempelajari sebab-akibat terjadinya sesuatu.

2. kecerdasan bahasa/linguistik
Memuat kemampuan seseorang untuk menggunakan bahasa dan kata-kata, baik secara tertulis maupun lisan, dalam berbagai bentuk yang berbeda dalam mengekspresikan gagasan-gagasannya. Umumnya seseorang dengan kecerdasan ini gemar dengan sesuatu yang kaitannya dengan penggunaan bahasa seperti menulis puisi, karangan, dll.

3. kecerdasan visual spasial
Memuat kemampuan seseorang untuk memahami secara lebih mendalam hubungan antara objek dan ruang. Umumnya seseorang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan imajinasi bentuk dalam pikirannya. Dan lebih mudah menerima dan mencerna sesuatu jika menggunakan gambar ketimbang kata-kata.

4. kecerdasan kinestetik
Memuat kemampuan seseorang untuk secara aktif menggunakan bagian-bagian atau seluruh tubuhnya untuk berkomunikasi dan memecahkan berbagai masalah. Seperti halnya para atlet.

5. kecerdasan inter-personal
Menunjukkan kemampuan seseorang untuk peka terhadap perasaan orang lain. Mereka cenderung untuk memahami dan berinteraksi dengan orang lain, sehingga mudah dalam bersosialisasi dengan sekelilingnya. Kecerdasan seperti ini sering juga dsebut kecerdasan sosial.

6. kecerdasan intra-personal
Menunjukkan kemampuan seseorang untuk peka terhada perasaan dirinya sendiri. Ia cenderung mampu untuk mengenali berbgai kekuatan maupun kelemahan yang ada pada dirinya sendiri. Biasanya orang dengan kecerdasan ini suka mengintrospeksi diri merenung, menyendiri, dan berdialog dengan drinya sendiri dan banyak belajar dari masa lalu.

7. kecerdasan naturalis
Kemampuan seseorang untuk peka terhadap lingkungan alam. Misalnya senang berada di lingkungan terbuka seperti gunung, pantai, hutan, dsb. Suka mengobservasi lingkungan alam dan akrab dengan hewan peliharaan

8. kecerdasan musikal
Memuat kemampuan seseorang untuk peka teradap suara nonverbal yang berada disekelilingnya. Termasuk dalam hal ini nada dan irama. Biasanya orang dengan kecerdasan seperti ini senang mendengarkan nada dan irama yang indah, dan mudah mengingat nada dan irama.

Adalah mungkin jika kamu memiliki lebih dari satu dari kecerdasan yang ada diatas. Bahkan tidak tertutup kemungkinan kamu memiliki semua kecerdasan itu, asalkan terus melatih otak dan mengasahnya.

Nah, anda termasuk dimana?

7 comments

    1. bermimpi atau mengkhayal masuk ke kepribadian “intra-personal”. ini mengenai diri sendiri. ditandai dengan kegemaran berkhayal atau berimajinasi… silahkan lihat dan baca lebih teliti >_< -btw saya juga cenderung ke intra-personal sama visual spasial

    1. ya, sebenarx kita semua memiliki semua kecerdasan itu, tapi ada satu kecerdasan yg dominan yg mungkin kamu miliki… apakah itu baik? tentu saja, tergantung bagaimana kamu bisa memanage nya dengan baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s